Facebook Twitter
Welcome to idebangga.blogspot.com, enjoy blogging and leave comment :)
Minggu, 16 Desember 2012

0
Narrative Text

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:

Definisi
Narrative text merupakan salah satu dari 13 jenis teks bahasa inggris yang termasuk ke dalam golongan narration. Selain Nerrative text, yang termasuk dalam golongn narration antara lain Recount Text, Anecdote Text, Spoof text dan News Item text. Narrative text adalah jenis teks yang digunakan untuk menceritakan kisah masa lampau dan bisa juga untuk hiburan.

Tujuan
Narrative text memiliki tujuan untuk menghibur pembaca atau pendengar. Umumnya hiburan tentang suatu kisah atau cerita masa lampau yang berhubungan dengan pengalaman nyata, khayal atau peristiwa-peristiwa yang mengarah kepada sebuah konflik yang pada akhirnya memunculkan sebuah penyelesaian.

Generic Structure
1. Orientation
Pada bagian orientation (pengenalan) ini berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita dan juga setting waktu dan tempat kejadiannya.
2. Complication
Pada bagian complication ini berisi tentang pengenalan konflik atau munculnya masalah yang dialami oleh tokoh dalam cerita.
3. Resolution
Pada bagian resolution ini berisi tentang solusi dari konflik atau permasalahan yang dialami oleh tokoh cerita. Disini memungkinkan adanya lebih dari satu solusi untuk satu konflik.

Ciri-ciri
- Menggunakan Action Verb dalam bentuk past tense. misalnya: shouted, wrote, dsb.
- menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. misal: the demon, the king, the beast.
- menggunakan Adjective yang membentuk noun phrase. misalnya: long curly hair, three red boxes.
- menggunakan Time Connective dan Conjunction untuk mengurutkan peristiwa/kejadian. misal: before, after, then, soon, dsb.
- menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase. misal: happily ever after, in the dark room, dsb.

Contoh
Contoh dari Narrative text dapat di download disini.
Download contoh Narrative text via tusfiles
Download contoh Narrative text via 4shared

Jika menurut Anda Artikel ini bermanfaat, bagikan ke:

Baca juga:

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content