Facebook Twitter
Welcome to idebangga.blogspot.com, enjoy blogging and leave comment :)
Senin, 14 Juli 2014

20
Tips Latihan Lari 12 Menit dan Shuttle Run

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:

Untuk memperoleh kecepatan dan ketahanan berlari tidak bisa dilakukan secara instan. Oleh karena itu, jangan buang waktu lagi, segera mulai latihan secepatnya.
Berikut tips untuk latihan lari 12 menit:

  1. Lakukan pemanasan sebelum lari untuk menghindari cedera. 
  2. Lakukan lari selama 12 menit. Dapat dilakukan di lapangan atau di jalan. Perhatikan waktu dan jarak tempuh, usahakan memiliki target yang terus naik setiap harinya.
  3. Lakukan latihan tersebut secara rutin hingga merasa ringan untuk melakukan lari 12 menit, kemudian anda bisa mulai mencoba menambah kecepatan dan jarak tempuh.
  4. Jangan menggunakan kecepatan maksimal berlari, karena akan mudah letih, larilah dengan kecepatan konstan.
  5. Rileks pada saat berlari, untuk mengatur nafas dan menghindari ketegangan otot
  6. Usahakan pandangan selalu mengarah ke depan, tidak menunduk melihat ke tanah. Hal ini dapat membantu menjaga konsentrasi dan menghindari kejenuhan berlari.
  7. Gerakan tangan tidak perlu terlalu jauh ke depan  ank e belakang karena bisa membuat tubuh cepat lelah. Gerakan tangan secara wajar, mengepal tetapi tidak erat, rileks, ayunkan dari sekitar dada sampai ke pinggul saja.
  8. Bernafas dengan beraturan, nafas pendek tetapi berirama. Usahakan dengan pernafasan perut bukan pernafasan dada.
  9. Carilah motivasi untuk mendorong berlari lebih cepat. Misalkan ada teman yang dapat belari lebih cepat, ikutilah jejaknya untuk memotivasi anda.
  10. Jangan banyak mengkonsumsi minuman penambah stamina, cukup air putih saja.
  11. Hindari begadang sebelum melakukan olahraga lari.



Tips lari shuttle run

  1. Lakukan pemanasan dan fokuskan pada kaki.
  2. Siapkan dua buah tiang dengan jarak sekitar 10 meter
  3. Start dimulai dari sebelah kanan tiang dibelakang garis start.
  4. Ambillah awalan lari dengan posisi badan condong kedepan dan posisi kaki kiri di depan dengan tujuan memberikan daya ledak yang besar pada kaki kanan.
  5. Larilah dengan kecepatan penuh, focus pada lintasan lari, usahakan lari pada jarak terdekat yaitu langsung lurus menuju sebelah kiri tiang kedua (jangan membuat lintasan lari melengkung).
  6. Gerakan memutar tiang dengan teknik khusus yang harus dilatih dan dibiasakan lebih sering. Jangan sampai menyentuh tiang, karena dapat mengurangi nilai lari.
  7. Hindari terpeleset karena bisa menyebabkan cedera.
  8. Lanjutkan lari menuju tiang yang pertama dan memutar ke sebelah kiri, lanjutkan berlari hingga 3 putaran.
  9. Pada putaran terakhir, larilah secepat mungkin.
  10. Gunakan sepatu lari yang tidak licin.


3
Tes Wawancara USM STAN

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:

Tes wawancara hanya akan dilaksanakan selama satu hati pada tanggal yang telah ditentukan dalam pengumuman tahap pertama yaitu tes tertulis, jadi perhatikan jangan sampai salah jadwal.
1. Peserta melakukan registrasi dengan melengkapi persyaratan seperti BPU, Pas Photo dan Fotokopi KTP yang ditentukan dan kemudian diberikan no. urut untuk wawancara.
2. Setelah registrasi Peserta akan diberi formulir yang kurang lebih isinya tentang:
- Identitas diri
- Identitas Orang Tua
- Riwayat Pendidikan
- Bimbingan Belajar yang Pernah Diikuti
- Pengalaman Organisasi
- Prestasi Selama di Sekolah
- Kelebihan dan Kekurangan yang dimiliki
- Hobi
- Cita – Cita
- Jurusan yang dipilih di STAN
3. Setelah Formulir diisi secara lengkap, Peserta akan masuk sesuai No. Urut dan menyerahkan formulir tadi ke Panitia pewawancara.
4. Peserta memasuki ruangan untuk diwawancarai oleh pewawancara.
5. Proses wawancara berlangsung kurang lebih 15 Menit dan akan pembicaraan di rekam oleh pewawancara.
6. Setelah selesai, peserta diperbolehkan untuk meninggalkan ruangan dan pulang.


Tips untuk tes wawancara:

  1. Datanglah tepat waktu jika bisa malah lebih awal.
  2. Penampilan menarik dengan pakaian rapi dan sopan. Jika boleh saya sarankan mengenakan kemeja putih, celana bahan hitam, dan sepatu pantovel hitam.
  3. Isilah formulir wawancara dengan jujur sesuai keadaan yang sebenarnya dan tidak dilebih-lebihkan.
  4. Pada saat memasuki ruangan wawancara ucapkanlah salam.
  5. Jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk oleh pewawancara.
  6. Bersikaplah tenang dan jangan gugup. 
  7. Dalam proses wawancara materi yang ditanyakan adalah seputar isi formulir yang telah diisi di awal tadi. Jadi perhatikan benar-benar pada saat mengisi formulir.
  8. Berbicara dengan jelas, perhatikan volume suara dan intonasi, jangan bertele-tele dan jangan terlalu singkat. 
  9. Jawab pertanyaan dengan jujur dan jangan dibuat-buat. Jangan sekalipun pernah berbohong dalam proses wawancara ini.
  10. Pandangan wajar kea rah Pewawancara. Jangan sampai menunduk atau telihat takut.
  11. Besikap ramah dan sopan dalam berbicara.
  12. Seusai wawancara jangan lupa ucapkan terima kasih dan salam kemudian meninggalkan ruangan dengan tenang.

GOOD LUCK J

Minggu, 13 Juli 2014

5
Tes Kesehatan dan Kebugaran STAN

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:

Tes Kesehatan dan kebugaran STAN hanya akan dilaksanakan selama satu hari pada tanggal yang telah ditentukan dalam pengumuman tahap pertama yaitu tes tertulis, jadi perhatikan jangan sampai salah jadwal.
Tahapan untuk tes kesehatan dan kebugaran antara lain:
1. Mengantri untuk mendapatkan formulir yang isinya tentang catatan kesehatan kalian. Kurang lebih isinya adalah
-          Identitas diri, golongan darah dan riwayat penyakit (diisi sendiri)
-          Tinggi dan berat badan, kondisi mata, buta warna, tekanan darah (diisi oleh pemeriksa)

2. Kemudian setelah masuk ruangan akan dilaksanakan te kesehatan sebagai berikut:
-          Tinggi badan dan berat badan
Rumus untuk menghitung berat badan ideal kurang lebih seperti ini
Berat badan (kg) = (Tinggi badan (cm) – 100) x 90%
Jadi gimana kalau berat badan kurang ideal? Jangan khawatir, selama pemeriksa menyatakan aman untuk melanjutkan tes kebugaran, kesempatan masih terbuka lebar.
-          Tes Tekanan Darah
Tekanan darah normal pada umumnya 120/80 mmHg.
Tes tekanan darah ini sangat menentukan kalian bisa lanjut ke tes kebugaran atau tidak. Oleh karena itu, sebisa mungkin usahakan tenang, santai dan jangan grogi.
-          Tes Mata
Melihat huruf-huruf dengan ukuran berbeda-beda dari jarak tertentu (sekitar 5m) dan menyebutkan huruf yang ditunjuk oleh pemeriksa. Dalam tes ini akan dlakukan pengulangan dengan menutup mata sebelah kanan dan kiri secara bergantian.
Contoh bentuk penampakan hurufnya kurang lebih seperti ini

-          Tes buta warna
Tes dilakukan dengan melihat gambar-gambar berwarna dan membentuk pola angka.
Contoh penampakannya seperti ini

-          Tes Reflek
Pada tes ini kalian dalam posisi duduk dan kedua kaki menggantung (tidak menapak lantai), kemudian lutut kalian akan dipukul dengan alat seperti palu kecil, tapi tenang saja, tidak akan terasa sakit sama sekali.

Nah jika lolos untuk tes kesehatan, maka dalam formulir kalian akan ditulis “Bahwa Peserta ini dinyatakan sehat dan siap mengikuti tes kebugaran” dan ditandatangani oleh pemeriksa.


3.  Peserta yang lolos tes kesehatan akan lanjut ke tes kebugaran
-          Lari mengelilingi stadion selama 12 menit
Keliling lapangan sekitar 400 meter. Untuk laki-laki rata-rata diharapkan menempuh 6 putaran (2400 meter) dan untuk perempuan 5 putaran (2000 meter)
Siapkan fisik yang prima, usahakan latihan rutin jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tes dan jangan lupa makan makanan bergizi dan jaga kondisi.
-          Shuttle Run
Yaitu lari sprint membentuk angka delapan dengan cara memutari lintasan yang berupa 2 buah tiang yang berjarak kurang lebih 10 meter. Kecepatan adalah kuncinya. Pada tes ini yang dihitung adalah waktu tercepat untuk menyelesaikan 3 putaran.

Sedikit catatan untuk tes kebugaran:
-       Lari paling depan dan paling cepat bukan jaminan untuk lolos, karena berdasarkan pengalaman ada beberapa peserta yang larinya bagus tapi gagal. Jadi konsistensi berlari dan kombinasi tes kesehatan lah yang menentukan.
-         Larilah dengan gigih, tidak harus menjadi yang paling depan, asalkan kalian konsisten untuk tetap berlari selama 12 menit tanpa jalan kaki itu akan menjadi nilai plus buat kalian daripada kalian diposisi paling depan tetapi diputaran terakhir kehabisan tenaga dan jalan kaki.
-         Latihan rutin dan jaga kondisi, jangan sampai sakit atau cedera pada saat pelaksanaan tes.
-         Jangan lupa berdoa sebelum melaksanakan tes


GOOD LUCK J
Sabtu, 26 Oktober 2013

14
First Step of 101 Ways to Enjoy Jakarta

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label: ,

Halo sobat blogger :)
kali ini saya mau minta dukungan nih, beberapa hari yang lalu saya dan rekan-rekan saya berencana mengikuti mengikuti sebuah festival yang terkenal dengan nama Hello Fest. Hello Fest merupakan ajang kreativitas tingkat nasional di bidang animasi, film pendek hingga pop culture. Dan kami disini mengambil bidang film pendek berdurasi 1 menit.
Pada tahun 2013 ini Hello Fest mengusung tema "101 Ways to Enjoy Jakarta". Yaitu tentang bagaimana kita bisa memvisualisasikan seisi kota Jakarta, memperkenalkan kota Jakarta agar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan yang paling penting tentang bagaimana cara kita menikmati kota Jakarta dari berbagai sisi. :)
Inilah hasil karya kami, the very first project from us, "First Step of 101 Ways to Enjoy Jakarta" :)

Selasa, 10 September 2013

1
Engineer Berkarakter

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:

Halo sahabat setia idebangga.blogspot.com :)
Rasanya sudah lama sekali saya tidak update blog ini,, maklum semakin tua semakin sibuk saja, haha.. di kesempatan ini saya pengen posting mengenai karakter seorang engineer nih. kebetulan saya ini dulunya juga seorang "calon" engineer. Ya walaupun hanya calon, tapi saya cukup bangga dapat mencicipi pahit manisnya perjuangan pendidikan untuk bisa menjadi seorang engineer. Jadi apa saja karakter yang harus dimiliki oleh seorang engineer? temukan jawabannya disini.
Kamis, 18 April 2013

11
Benda apakah kalian?

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:


halo sobat blogger,, isenng-iseng aja nih, kali ini saya pengen main analogi nih. kalo kita disuruh milih buat jadi benda, kita pilih jadi apa ya?

ini jawabanku:

Jika saya diberi kesempatan memilih untuk menganalogikan diri saya sebagai sebuah benda, mungkin saya akan memilih untuk menjadi sebuah jam. Memang terkesan sederhana, tapi ada beberapa hal yang menurut sudut pandang saya menarik dari sebuah jam.
jam kerja