Facebook Twitter
Welcome to idebangga.blogspot.com, enjoy blogging and leave comment :)
Jumat, 07 Desember 2012

1
Analitycal Exposition text

Ditulis oleh Unknown | Label:

Definisi
Analytical Exposition adalah jenis teks yang termasuk keadalam jenis Argumentation Text.
Pengertian Analytical Exposition adalah text yang memberikan penjelasan tentang suatu masalah berdasarkan pemikiran penulis dengan menampilkan pendapat-pendapat pendukung.

Tujuan

Sedangkan tujuan utama analytical exposition text ini adalah, “ to persuade the reader to believe something by presenting one side of the argument.”
Artinya mencoba meyakinkan pembaca agar mempercayai sesuatu dengan memberikan pendapat atau argumen pendukung dari satu sisi saja.”
Dalam analytical exposition biasanya tidak berisi satu pendapat atau argumen saja, akan tetapi dapat berisi berbagai pendapat atau argumen yang memiliki tujuan sama.

Generic Structure

- Thesis
Thesis ini berisi pandangan penulis tentang suatu masalah secara lebih sederhana. Dalam bagian Thesis, penulis mengenalkan tentang topik atau main idea yang akan dibahas. Thesis selalu berada di paragraph pertama dalam teks Analytical Exposition. 

- Argument
Pada bagian Argument berisi beberapa penjelasan lanjutan dari keterangan sederhana dalam thesis. Di bagian ini dihadirkan argumen-argumen atau pendapat-pendapat yang mendukung main idea. Semakin banyak argumen yang mendukung maka semakin membuat main idea yang dipaparkan mudah dipercaya oleh pembaca.

- Conclusion/Reiteration
Conclusion/reiteration berisi penegasan kembali mengenai main idea yang diangkat sebagai topik. Atau dengan kata lain bagian ini merupakan kesimpulan dari main idea yang dibahas dalam analytical exposition.


Ciri-ciri
Dalam Analytical Exposition terdapat beberapa ciri-ciri, yaitu:
-Menggunakan simple present
-Mengunakan reltional process
-Menggunakan internal conjunction
-Menggunakan casual conjuction

Contoh
Contoh teks Analytical Exposition dapat didownload disini.
Download contoh teks Analitycal Exposition via Tusfiles
Download contoh teks Analitycal Exposition via 4shared


semoga bermanfaat :)
Jika menurut Anda Artikel ini bermanfaat, bagikan ke:

Baca juga:

1 komentar:

  1. Games terbaru di internet saat ini banyak bermunculan, berbagai jenis pun di tawarkan. Salah satunya games capsa online yang banyak jadi perbincangan. Games capsa ada 2 macam yaitu games capsa susun dan games capsa banting. Keduanya sangat menarik untuk dimainkan. Anda belum pernah mencoba? Anda bisa coba sekarang di ELangcapsa.com. Terbaru, terbaik dan terpercaya.

    BalasHapus