Facebook Twitter
Welcome to idebangga.blogspot.com, enjoy blogging and leave comment :)
Selasa, 10 September 2013

2
Engineer Berkarakter

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:

Halo sahabat setia idebangga.blogspot.com :)
Rasanya sudah lama sekali saya tidak update blog ini,, maklum semakin tua semakin sibuk saja, haha.. di kesempatan ini saya pengen posting mengenai karakter seorang engineer nih. kebetulan saya ini dulunya juga seorang "calon" engineer. Ya walaupun hanya calon, tapi saya cukup bangga dapat mencicipi pahit manisnya perjuangan pendidikan untuk bisa menjadi seorang engineer. Jadi apa saja karakter yang harus dimiliki oleh seorang engineer? temukan jawabannya disini.
Kemajuan kesejahteraan dan peradaban di dunia didukung secara proporsional oleh kemampuan ahli di berbagai bidang. Para  ahli bekerja bersama dalam suatu sistem yang besar dan tentunya seorang engineer atau ahli teknik juga turut serta memberikan andil yang sangat besar dalam sistem tersebut. Seiring berjalannya waktu kontribusi seorang engineer dari semua kalangan terhadap peradaban manusia semakin bertambah bear. Keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat akan sangat dipengaruhi oleh keputusan dan tindakan seorang engineer. Oleh karena itu seorang engineer harus memiliki sikap mental dan etika yang baik agar bisa memberikan kontribusi positif bagi manusia dan lingkungan.
Seorang engineer diharapkan memiliki kualitas kepribadian yang baik karena hal ini akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pengembangan knowledge/skill. Sebagai contoh, hasil belajar mahasiswa yang dilakukan secara kontinyu dan dengan motivasi utama untuk mengembangkan pengetahuan/skill akan berbeda dengan hasil belajar mahasiswa yang hanya dilakukan dengan motivasi utama untuk mengejar kelulusan/IPK yang bagus. Kualitas seseorang sangat dipengaruhi oleh motivasinya untuk selalu belajar mengembangkan pengetahuan dan skill.
Beberapa karakter positif yang perlu dimiliki oleh seorang engineer antara lain memiliki motivasi untuk belajar seumur hidup termasuk continuous improvement, memiliki komitmen terhadap tugas untuk kesejahteraan masyarakat tanpa memandang mereka mampu memberikan bayaran atau tidak, menunjukkan perilaku dengan standar tertinggi, tidak melakukan penyimpangan - penyimpangan personal maupun profesional yang merupakan esensi dari humaniora dan memiliki komitmen untuk bertanggung jawab atas tugas dengan kualitas tertinggi.
Selain hal-hal yang saya sebutkan di atas, kejujuran merupakan pondasi yang sangat vital dari kebiasaan karakter dan kepribadian yang baik, yang sangat dihargai orang sepanjang masa. Seorang engineer yang kurang menjunjung tinggi kejujuran akan sangat berpotensi merugikan masyarakat. Bagaimanapun juga seorang engineer akan lebih mudah melaksanakan tugas apabila mendapatkan kepercayaan penuh dari semua pihak.
Untuk dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara prinsip seorang engineer perlu memiliki hal-hal berikut meliputi kemampuan/keahlian, sikap mental/karakter yang mendukung dan etika yang baik. Kemampuan/keahlian dapat diperoleh seorang engineer melalui studi, pengalaman dan latihan. Sikap mental yang mendukung sangat diperlukan seorang engineer untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan diantara semua sikap mental yang perlu dimiliki seorang engineer, menjunjung tinggi etika adalah salah satu yang utama.
Jika menurut Anda Artikel ini bermanfaat, bagikan ke:

Baca juga:

2 komentar: