Facebook Twitter
Welcome to idebangga.blogspot.com, enjoy blogging and leave comment :)
Rabu, 17 April 2013

0
banyak kerjaan, gak ada waktu dan gak ada inspirasi. SO WHAT?!!

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:

Hai sahabat blogger semua, udah lama banget nih gak posting, maklum ya lagi banyak kerjaan, gak ada waktu dan gak ada inspirasi gitu.

Itulah yang selalu saya gunakan sebagai alasan ketika saya benar-benar tidak produktif. Tapi sekarang saya menyadari kalau saya sebenarnya gak ada kerjaan, punya banyak waktu, dan punya begitu banyak inspirasi yang seharusnya bisa membuat saya sangat produktif. Tapi apa yang malah saya lakukan? Saya menghabiskan waku-waktu berharga saya untuk kegiatan-kegiatan yang gak berharga.
Kita kupas aja nih kenapa alasan-alasan yang saya sebutkan pertama tadi bisa begitu tidak tepat untuk diri saya.

Pertama, banyak kerjaan
Saya pikir saya sudah cukup sibuk dengan kerjaan-kerjaan saya sehari-hari. Saya berpikir begitu karena kenyataannya saya selalu merasa tidak sempat mengerjakan apa yang sebenarnya menjadi tanggung jawab saya. Beruntung sekali beberapa waktu yang lalu ada seorang teman saya yang membuat sebuah kuesioner tentang kegiatan produktif yang dilakukan sehari-hari yang akhirnya menyadarkan saya. Dengan percaya diri saya mencoba mengisinya dan ternyata harus saya akui, saya merasa ini bahkan lebih sulit daripada kalkulus. Pada bagian awal kuesioner dituliskan pengisian mungkin akan memakan waktu 5-10 menit, tapi saya butuh waktu lebih dari 1 jam untuk mnyelesaikannya. Saya kesulitan menemukan hal-hal produktif yang saya lakukan sehari-hari. Ini membuat saya berpikir, ternyata saya tidak berhak menggunakan alasan ‘banyak kerjaan’ karena semua yang saya lakukan tidak produtif, kurang bermanfaat dan hanya buang-buang waktu saja.

Kedua, gak ada waktu
Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya sering merasa tidak sempat mengerjakan apa yang sebenarnya menjadi tanggung jawab saya. Saya sering merasa 24 jam sehari itu gak cukup. Tapi setelah saya pikir-pikir, saya tidak berhak menyalahkan waktu. Kenapa? Banyak orang disekitar saya seolah-olah bisa mengerjakan begitu banyak kegiatan yang bermanfaat tanpa merasa kehabisan waktu, padahal mereka hidup dalam dimensi waktu yang sama dengan saya, tapi kenapa saya tidak bisa demikian? Sederhana saja, orang-orang mengerjakan keperluan mereka sesegera mungkin ketika mereka sempat, sedangkan saya hanya mengerjakan keperluan saya ketika sudah kepepet. Menunda pekerjaan adalah hobi saya dan saya menyesal melakukannya.

Ketiga, gak ada inspirasi
Saya sering merasa gak punya inspirasi apapun untuk dilakukan. Tapi setiap kali orang lain melakukan kegiatan-kegiatan produktif mereka, saya sering  merasa saya pernah memikirkan hal yang sama dengan yang mereka lakukan tapi belum saya lakukan. Hal itu yang membuat saya tidak berkembang, ketika saya punya ide, saya tidak langsung mengerjakannya hingga saya sendiri pun lupa, tapi ketika orang lain melakukannya saya baru menyesal kenapa tidak langsung melakukannya ketika punya ide.

Jadi kesimpulan yang saya dapat adalah jangan kebanyakan alesan kalo emang lagi tidak dalam performa terbaik, mendingan juga introspeksi diri biar ke depan bisa lebih baik dan semakin baik lagi :)
Semoga bermanfaat :)
Jika menurut Anda Artikel ini bermanfaat, bagikan ke:

Baca juga:

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content