Facebook Twitter
Welcome to idebangga.blogspot.com, enjoy blogging and leave comment :)
Sabtu, 24 November 2012

0
Batik Nusantara

Ditulis oleh Bangga Hana Pramana | Label:

Sejarah Batik Nusantara

Awal mula munculnya batik nusantara dimulai pada masa kerajaan Majapahit. Batik mulai menyebar di nusantara pada abad ke XVIII. Saat itu jenis batik yang adalah hanyalah batik tulis, yaitu batik yang proses pengerjaannya dilakukan dengan cara manual berdasarkan keterampilan tangan saja.
Kemudian pada sekitar tahun 1920, ditemukan alat untuk membuat cap batik. Mulai saat itulah batik bisa berkembang menjadi industri rakyat yang bisa melakukan perjuangan ekonomi untuk melawan ekonomi nasional pemerintah Hindia Belanda.

Daerah Penyebaran Batik Nusantara

Selama ini orang hanya mengetahui bahwa pulau Jawa, khususnya di kota Solo, Yogyakarta atau Pekalongan adalah pusat dari berkembangnya kebudayaan batik. Padahal di luar ketiga kota itu masih banyak daerah lain yang punya budaya dan seni batik yang tentunya masing-masing punya motif dan corak tersendiri. Makanya sekarang hasil budaya asli Indonesia ini sering disebut sebagai batik nusantara.
Daerah-daerah yang mempunyai seni dan budaya batik nusantara antara lain adalah :
1.    Solo dan Yogyakarta
Batik nusantara dari kota Solo terkenal dengan corak tradisionalnya. Baik yang asli batik tangan atau batik cap. Kalau di Yogyakarta, batik sering dikombinasikan dengan kain lurik, yaitu kain tenun yang motifnya selalu bergaris-garis.

2.    Jakarta
Dunia perbatikan di kota ini mulai berkembang pada abad ke XIX bersamaan dengan kedatangan orang dari Jawa tengah yang ingin menetap di kota ini. Mereka selain berdagang hasil bumi juga membawa pengetahuan tentang batik. Lalu motifnya disesuaikan dengan budaya betawi.
3.    Rembang
Yang paling terkenal di kota kelahiran Ibu Kartini adalah batik lasem.
4.    Jawa Timur
Meski masih satu pulau, namun antara batik Jawa Tengah dan Jawa Timur punya perbedaan yang cukup mencolok. Motif-mootif di Jawa Timur lebih bebas dan berani. Karena di sana tidak ada aturan-aturan baku untuk membuat kain batik seperti di Jawa Tengah.
5.    Madura
Selain terkenal sebagai penghasil garam nomor satu, Madura juga terkenal sebagai penghasil batik yang motif-motifnya suka menggunakan warna yang mencolok. Misalnya merah, hijau atau biru terang.
6.    Tuban
Batik dari kota ini merupakan batik yang punya nilai khas tersendiri, terutama dari proses pembuatannya yang dari kapas. Setelah kapas dibuat gulungan benang, lalu ditenun menjadi kain. Setelah menjadi kain kemudian dibatik. Batik nusantara ini dinamakan batik gedok.
7.    Banyuwangi
Kebanyakan batik dari kota ini motifnya dipengaruhi oleh kondisi alam di tempat itu. Maka model dan coraknya juga tidak mudah ditemui di tempat lain.
8.    Ponorogo
Sebagai pusat kesenian reog, batik nusantara yang jadi unggulan dari kota ini juga bermotifkan burung merak yang merupakan hiasan utama dari pertunjukan reog.
9.    Kalimantan
Corak yang terkenal dari kota ini adalah motif mandau (senjata khas suku dayak, penghuni asli pulau ini), elang Kalimantan dan Balangan. Warna yang ditampilkan biasanya pink, hijau, merah terang atau oranye dan warna mencolok lainnya.
10.    Sulawesi
Motif yang dimiliki batik nusantara dari pulau ini cukup banyak. Diantaranya adalah motif toraja, bugis, makasar, bunga cengkeh, burung meleo, bunga merayap, resplang dan lain-lain.
11.    Papua
Kain batik nusantara dari pulau kepala burung sangat disukai oleh wisatawan dari luar negeri. Warna yang ditampilkan biasannya cenderung lebih gelap dan motifnya sering menirukan ukiran-ukiran patung yang bernuansa magis.
12.    Bali
Batik mulai terkenal di pulau dewata pada tahun 1970. Belum lama memang. Kain batik di daerah sini paling sering digunakan untuk ikat kepala yang dinamakan udeng.
13.    Nusa Tenggara
Motif yang di hasilkan dari daerah kepulauan ini juga punya keistimewaan tersendiri. Bahkan motif sasambo yang terkenal itu dijadikan motif resmi dari pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat.
Setelah mengenal batik nusantara dari seluruh penjuru tanah air, bolehlah Anda berbangga hati karena batik adalah hasil budaya asli Indonesia yang merupakan hasil karya bangsa sendiri. Mari Anda lestarikan budaya batik nusantara.



(AnneAhira.com)
Jika menurut Anda Artikel ini bermanfaat, bagikan ke:

Baca juga:

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content